• Senin, 5 Desember 2022

SPBU di Kibin Serang Banten Curangi Takaran dengan Remote Control Sejak 2016

- Rabu, 22 Juni 2022 | 22:13 WIB
Polda Banten mengungkapkan modus kecurangan SPBU di Gorda, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Banten, dengan menggunakan remote control. Kecurangan berlangsung sejak 2016. (Foto: Fikram/roompi.id.)
Polda Banten mengungkapkan modus kecurangan SPBU di Gorda, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Banten, dengan menggunakan remote control. Kecurangan berlangsung sejak 2016. (Foto: Fikram/roompi.id.)

BANTEN NETWORK - Modus kecurangan pemilik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dengan menggunakan remote control terjadi lagi.

Kali ini, Kepolisian Daerah (Polda) Banten membongkar praktik mengurangi takaran dengan alat pengatur dari jarak jauh itu di SPBU Gorda, Jalan Raya Serang-Jakarta Km 70, Kecataman Kibin, Kabupaten Serang, Banten.

Petugas mengamankan pemilik SPBU dan seorang manajernya untuk diminta pertanggungjawaban di depan hukum.

Baca Juga: Mantan Anggota DPRD yang Diduga Tilep Uang Pengadaan Mobil Operasional Desa Serahkan Diri ke Kejari Tangerang

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Polisi Shinto Silitonga, dalam keterangan tertulis, Rabu 22 Juni 2022 mengungkapkan, kecurangan dilakukan dengan cara mengurangi takaran melalui alat khusus yang dimodifikasi pada mesin pengisian SPBU.

Praktik curang itu, jelas Shinto, terbongkar pada 6 Juni 2022 sekitar pukul 13.00 WIB.

"Saat dilakukan pengecekan lokasi, benar ada penjualan BBM jenis Pertalite, Pertamax, Pertamina Dex, Dexlite, dan Solar yang dilakukan oleh petugas SPBU tersebut dengan cara melakukan pengaturan pada mesin dispenser yang sudah dimodifikasi dengan menggunakan remote control," ungkap Shinto.

Baca Juga: Gara-gara Microsleep, Mobil Pick Up Alami Kecelakaan di Tol Tangerang-Merak

Sementara, Kasubbid I Industri Perdagangan dan Investasi (Indagsi) pada Ditreskrimsus Polda Banten Kompol Chandra Sasongko menambahkan, para pelaku dengan sengaja menambahkan komponen elektrik remote control serta sakelar otomatis pada mesin dispenser SPBU tersebut.

Halaman:

Editor: Sugih Hartanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X